Audit Eksternal, PT Mitratani Dua Tujuh Upgrade Sertifikat Sistem Jaminan Halal

Audit Eksternal, PT Mitratani Dua Tujuh Upgrade Sertifikat Sistem Jaminan Halal

Seiring meningkatnya permintaan pasar, PT Mitratani Dua Tujuh saat ini tidak hanya menjajaki pasar ekspor Jepang melainkan juga mengembangkan bisnis usahanya ke beberapa negara seperti Amerika, Eropa, Timur Tengah dan wilayah Asia. Dengan berkembangnya bisnis usaha tersebut, tentunya customer yang dimiliki PT Mitratani Dua Tujuh lebih bervariasi sehingga berdampak kepada penetapan standar mutu yang merupakan suatu kebutuhan baik dari sistem keamanan pangan sampai kepada sistem jaminan halal. Hal ini sudah menjadi suatu persyaratan dan permintaan customer yang bekerja sama dengan PT Mitratani Dua Tujuh.

Dengan komitmen perusahaan terhadap customer, PT Mitratani Dua Tujuh menerapkan adanya Sistem Jaminan Halal (SJH). Wujud dari komitmen ini dilaksanakan pada kegiatan Audit Eskternal Sistem Jaminan Halal (08/08/2016) bersama dengan tim auditor dari LPPOM MUI Pusat. Bertempat di kantor PT Mitratani Dua Tujuh, audit dilaksanakan mulai dari pukul 09.00 – 16.00 WIB. Audit Eksternal dilakukan dalam rangka mengupgrade sertifikat Halal menjadi sertifikat Sistem Jaminan Halal (SJH). Seperti yang dikatakan Edy Zen selaku kepala Divisi QA PT Mitratani Dua Tujuh.” PT Mitratani Dua Tujuh sudah mendapatkan sertifikat halal dari Provinsi. Audit ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan sertifikat menjadi Sistem Jaminan Halal (SJH) yang dilakukan oleh LPPOM MUI Pusat”, ujarnya. Edy menambahkan ada 26 item produksi yang akan disertifikasi. Mulai dari produk edamame, okra dan aneka sayuran.

Audit eksternal dilakukan langsung oleh tim auditor dari LPPOM MUI dengan pengecheckan terkait pemenuhan persyaratan dan kepatuhan perusahaan terhadap proses dan pelaksanaan Sistem Jaminan Halal (SJH). Adapun periode yang diberlakukan terhadap SJH ini yakni setiap 2 tahun sekali. Proses harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. “SJH penting dilakukan sebagai bukti bahwa produk halal untuk dikonsumsi. Sehingga berdampak kepada kepercayaan customer terhadap produk dan perusahaan”, ujar Harjana salah satu tim auditor LPPOM MUI. Harapannya dengan adanya Sistem Jaminan Halal yang diterapkan maka kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan PT Mitratani Dua Tujuh meningkat mengingat adanya label halal dalam masing – masing produk. “Status Sistem Jaminan Halal (SJH) ini bisa ditunjukkan ke perusahaan lain sebagai bukti bahwa PT Mitratani Dua Tujuh memiliki sistem yang baik dan sudah dinilai baik. Sehingga kepercayaan terhadap PT Mitratani Dua Tujuh tersebut lebih meningkat”, tutup Dudi Tohir dari tim auditor LPPOM MUI di akhir kegiatan. (Putri_IT)

Bagikan

Komentar(0)

Tulis komentar