Edamame Seafood Salad

Edamame Seafood Salad

Edamame Seafood Salad (Untuk 5 porsi)

Bahan :

  • Potongan melintang 250 gram cumi – cumi, cuci bersih
  • 250 gram udang basah, belah punggungnya
  • 250 gram edamame kupas
  • Irisan halus 3 batang serai
  • 3 sdm kecap ikan
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 jeruk lemon, ambil airnya
  • Irisan tipis 6 bawang merah
  • Irisan 1 ruas jari jahe bentuk korek api
  • Irisan melintang 3 cabai rawit hijau
  • Irisan bulat 2 cabai rawit merah
  • Cincangan 1 sdm daun mint
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Untuk Hiasan :

  • Daun selada secukupnya
  • Daun mint secukupnya

Cara membuat :

  1. Campur udang yang sudah dibelah punggungnya dan potongan melintang cumi – cumi yang sudah dicuci bersih ke dalam baskom, siram air jeruk lemon, kecap ikan, gula pasir, aduk – aduk hingga rata
  2. Panaskan wajan. Tumis irisan tipis bawang merah hingga harum. Masukkan campuran udang dan cumi – cumi. Aduk – aduk perlahan, masak hingga matang
  3. Masukkan edamame yang sudah direbus, irisan halus serai, irisan jahe bentuk kore api, irisan melintang cabai rawit hijau, irisan bulat cabai rawit merah, cincangan daun mint, aduk – aduk hingga tercampur rata. Angkat
  4. Penyelesaian: Siapkan piring saji. Tata daun selada, tuangi salad di atasnya. Hiasi dengan daun mint
  5. Hidangkan edamame seafood salad segera

Kandungan gizi per 1 porsi :

  • Energi = 330 kal
  • Protein = 39,2 gram
  • Lemak = 11,6 gram
  • Karbohidrat = 19,6 gram
  • Kolesterol = 264 mg
  • Natrium = 126,2 gram
  • Serat = 4,7 gram
  • Lemak Jenuh = 1,9 gram

Review resep :

Edamame dan seafood merupakan komoditas kaya protein. Kombinasinya membuat hidangan ini menjadi lebih lengkap komposisi asam aminonya. Apalagi di dalam edamame, selain protein juga terkandung serat pangan dan zat gizi mikro, seperti folat dan vitamin K

Sumber : Muaris, H. (2013). Khasiat Edamame Untuk Kestabilan Kesehatan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Bagikan

Komentar(0)

Tulis komentar