Fakta Gizi Edamame

Fakta Gizi Edamame

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, edamame barangkali belum terlalu banyak dikenal. Padahal Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan edamame. Bahkan di antaranya telah menembus pasar global, terutama Jepang.

Kacang edamame memiliki cita rasa manis dengan tekstur yang halus. Secara sederhana, edamame dikonsumsi setelah direbus terlebih dahulu. Edamame juga dapat dijadikan tambahan ke dalam beberapa hidangan seperti salad, sup atau tumis.

Hampir di setiap restoran Jepang menyediakan edamame sebagai hidangan pembuka. Masyarakat Jepang bisa mendapatkan edamame di pasar swalayan dalam bentuk beku, baik masih dalam kulit maupun sudah dikupas.

Edamame termasuk golongan kacang berwarna hijau tetapi berbeda dengan kacang polong. Perbedaannya terletak pada bijinya yang lebih mirip dengan kacang kedelai namun berwarna hijau. Secara morfologis, bentuknya mirip dengan kacang kedelai namun secara ukuran edamame biasanya lebih besar.

Secara ilmiah, edamame yang memiliki nama latin Glycin max (L) Merrill, secara umum lebih dikenal dengan sebutan kedelai Jepang. Tanaman edamame termasuk dalam kategori tumbuhan semusim dengan bentuk semak rendah, tegak, berdaun lebat. Sementara itu tingginya antara 30 hingga 30 cm. Beberapa jenis tanaman edamame yang pernah dikembangkan di Indonesia yaitu jenis Ocumani, Tsuronoko, Tsurumidori, Taiso, dan Ryokkoh.

Edamame mungkin terlihat seperti kacang biasa tetapi kandungan protein di dalamnya jauh lebih tinggi. Menurut nutritiondataself.com, dalam satu mangkuk kecil edamame terdapat sekitar 17 gram protein. Selain itu, komposisinya juga mengandung asam amino esensial. Tidak hanya itu, satu porsi edamame berkontribusi pada sekitar 10 persen asupan harian zat besi dan vitamin C, 8 persen asupan harian vitamin A, dan 8,1 gram serat. Lebih dari itu, satu porsi edamame hanya mengandung 189 kilo kalori,

Kandungan gizi edamame tersebut yang kemudian meningkatkan kepopuleran edamame. Apalagi sebagai tambahan, edamame mengandung antioksidan dan isoflavon. Antioksidan merupakan komponen penangkal radikal bebas. Seperti diketahui, radikal bebas bersifat reaktif yang dapat merusak sel, akibatnya terbentuklah sel kanker, mengakibatkan dapat menangkap radikal bebas dan menetralkannya sehingga mengurangi risiko kerusakan yang dapat terjadi.

Penelitian mengenai isoflavon juga telah banyak membuktikan manfaatnya. Isoflavon memiliki struktur yang mirip dengan hormon estrogen sehingga dapat mendukung kesehatan reproduksi kaum wanita. Selain itu, isoflavon terbukti mengurangi risiko kanker prostat, kanker payudara, mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi gangguan saat menopause.

Tidak kalah pentingnya adalah serat yang terkandung dalam isoflavon. Serat pangan diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan saluran cerna hingga menurunkan kolesterol. Selain itu, serat juga membuat perut menjadi lebih kenyang. Penyajian 155 gram edamame mengandung setidaknya 8 gram serat pangan.

Terkait dengan kandungan gizi tersebut, edamame dapat diolah untuk berbagai kebutuhan khusus, berikut di antaranya :

  1. Alternatif untuk pengganti susu: Dalam beberapa kasus, beberapa orang tidak bisa menikmati manfaat dan kelezatan susu. Setidaknya ada dua hal yang menyebabkan orang tidak bisa mengonsumsi susu, yakni alergi dan intoleransi. Alergi merupakan reaksi yang melibatkan sistem imun dimana protein tertentu dianggap sebagai benda asing. Akibatnya muncul beberapa gejala seperti gatal – gatal, mata berair, dan sebagainya. Salah satu komponen yang sering menyebabkan alergi adalah kasein pada susu sapi. Satu – satunya cara untuk menghindari terjadinya alergi adalah tidak mengonsumsi pangan penyebab alergi. Namun untuk melengkapi kebutuhan gizi perlu tambahan asupan alternatif, salah satunya adalah edamame. Kasus kedua yang menyebabkan tidak bisa mengkonsumsi susu adalah intoleransi, akibat defisiensi metabolisme yang mengakibatkan terjadinya beberapa gejala. Salah satu yang terkenal adalah lactose intolerance. Susu mengandung gula yang bernama laktosa. Untuk memecah laktosa menjadi galaktosa dan glukosa dibutuhkan enzim laktase. Sayangnya, tidak semua orang memiliki enzim laktase yang cukup. Akibatnya timbul diare ketika mengonsumsi susu.
  1. Menurunkan risiko arterosklerosis, hipertensi, jantung koroner, dan stroke: Penyumbatan darah akibat penumpukan kolesterol dapat mengakibatkan hipertensi, penyakit jantung koroner. Salah satu insiden penyebab penyakit jantung pada kaum wanita terutama wanita menopause adalah hilangnya proteksi yang dilakukan oleh hormon estrogen. Hormon seksual tersebut bekerjasama dengan sel darah putih dapat mengurangi risiko akibat penyakit kardiovaskuler. Isoflavon dalam edamame dapat berfungsi sebagai senyawa yang mirip dengan hormon estrogen. Tidak hanya iu, isoflavon juga dapat menurunkan risiko oksidasi kolesterol jahat (LDL). Sebab, jika teroksidasi, LDL dapat membentuk plaque yang meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi dan stroke
  2. Mengurangi kadar kolesterol darah: Serat pangan dapat menurunkan kolesterol darah dengan dua cara: Pertama adalah meningkat kolesterol pada pangan. Kedua adalah mengikat kolesterol yang akan berasal dari penghancuran asam empedu. Akibatnya, untuk memproduksi asam empedu, diambillah kolesterol yang berasal dari darah
  1. Menurunkan risiko kanker, penuaan dini, dan penyakit akibat radikal bebas: Beberapa senyawa fitokimia, seperti klorofil dalam edamame memiliki aktivitas sebagai antioksidan. Senyawa antioksidan dapat menetralkan radikal bebas. Serangan radikal bebas dapat mengakibatkan kerusakan sel yang menyebabkan kanker, penuaan dini, dan lainnya

Selain senyawa fitokimia, vitamin A dan vitamin C juga memiliki aktivitas antioksidan. Vitamin A bersifat larut dalam lemak, sedangkan vitamin C larut dalam air. Dengan demikian perpaduannya dapat menjadi solusi dalam menangkap radikal bebas.

Sumber: Muaris, H. (2013). Khasiat Edamame Untuk Kestabilan Kesehatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Bagikan

Komentar(1)

  • Matnist 24 Agustus 2019

    Se Puede Comprar Levitra Sin Receta viagra Tadafil Softsule Tuf 20 Levitra Generico Andorra

Tulis komentar