Khasiat Edamame Untuk Kestabilan Kesehatan

Khasiat Edamame Untuk Kestabilan Kesehatan

Tren gaya hidup sehat semakin berkembang dalam beberapa waktu terakhir, termasuk dalam pola makan. Meningkatnya prevalensi beberapa penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, hipertensi dan lainnya membuat banyak orang semakin memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Sebab pola makan yang salah cenderung meningkatkan risiko beberapa penyakit tersebut. Sebaliknya, pola makan yang tepat dapat menurunkan risikonya.

Untuk menghasilkan pola makan yang menyehatkan, diperlukan bahan pangan yang bergizi. Kadangkala untuk mendapatkan pangan bergizi tidak membutuhkan biaya yang besar. Bahkan seringkali, makanan yang justru bergizi dianggap murahan, Kedelai, misalnya. Banyak produk olahan kedelai, seperti kedelai rebus, tempe, dan tahu dianggap kurang modern. Padahal kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Belum lagi kandungan serat dan senyawa fitokimia lainnya, diantaranya memiliki aktivitas antioksidan.

Seiring dengan semakin banyaknya penelitian tentang kedelai, maka persepsi masyarakat terhadap kedelai sudah mulai membaik. Apalagi dengan kehadiran kedelai jepang, edamame yang kini banyak dihidangkan sebagai camilan.

Edamame agak berbeda dengan kedelai pada umumnya, karena bijinya lebih besar, bertekstur halus, rasanya lebih manis, dan lebih mudah dicerna. Kedelai ini biasanya dipanen pada tingkat kematangan 80 persen.

Edamame memiliki banyak  manfaat bagi tubuh. Selain rasanya yang nikmat, edamame juga merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, daya cernanya juga lebih baik karena kandungan typsin – inhibitornya tergolong rendah.

Tidak hanya itu, edamame juga kaya antioksidan sehingga dapat mendukung sistem imun, terutama dalam menangkal radiasi bebas yang dapat menyebabkan kanker, penuaan dini, dan berbagai penyakit lainnya.

Selain manfaatnya, edamame dapat dimasak dan disajikan dalam berbagai jenis makanan yang mengundang selera. Bahkan di Jepang, tingkat kebutuhan edamame yang sangat tinggi. Edamame sebagai pasangan minum sake (bir) dan ini sudah menjadi tradisi di negeri Sakura.

Sumber: Muaris, H. (2013). Khasiat Edamame Untuk Kestabilan Kesehatan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Bagikan

Komentar(0)

Tulis komentar