Memanfaatkan Pelayanan Program Keluarga Berencana (KB)

Memanfaatkan Pelayanan Program Keluarga Berencana (KB)

Program Keluarga Berencana (KB) adalah upaya untuk merencanakan jumlah dan jarak kehamilan dengan memakai kontrasepsi. Program yang bertujuan membentuk keluarga yang bahagia sejahtera ini tidak hanya untuk masyarakat umum tetapi juga untuk karyawan yang bekerja di PT Mitratani Dua Tujuh yang sebagian besar karyawannya adalah perempuan. Untuk mengoptimalkan pelayanan, maka PT Mitratani Dua Tujuh bekerja sama dengan BKKBN Kabupaten Jember mengadakan program layanan kesehatan Keluarga Berencana (KB) yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali pada hari Rabu sesuai dengan jadwal dari BKKBN di ruang processing.

Metode kontrasepsi yang diberikan dalam pelayanan KB di klinik perusahaan berupa suntik KB dan pil KB. Untuk pemasangan Intra Uterine Device (IUD) dan Implant diarahkan ke puskesmas terdekat. “Untuk IUD dan Implant kita kerahkan ke puskesmas terdekat yaitu Puskesmas Mangli, karena tidak memungkinkan untuk dilakukan disini”, ujar Ibu Dwi perwakilan dari BKKBN Jember. Program layanan KB ini merupakan wujud kepeduliaan perusahaan dalam memudahkan karyawan untuk merencanakan masa depan keluarga sesuai NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera). “Saya rasa sudah bagus PT Mitratani Dua Tujuh memberikan layanan kesehatan seperti ini kepada para karyawan. Fasilitas sudah tersedia disini sehingga mereka tidak perlu jauh – jauh untuk kontrol”, lanjut Ibu Dwi.

Layanan kesehatan KB ditangani langsung oleh bidan yang berkompeten di bidangnya. Ada sekitar 30 – 40 karyawan memanfaatkan program ini. Selain suntik KB dan pil KB, diadakan pula tambahan edukasi berupa sosialisasi mengenai KB, dunia kesehatan, dan mengenai HIV Aids. “Setidaknya dengan diadakan sosialisasi, informasi karyawan tentang dunia kesehatan semakin bertambah”, pungkas Ibu Dwi. Diharapkan dengan adanya program layanan kesehatan ini memberikan manfaat untuk para karyawan sehingga berdampak kepada kesejahteraan dan produktivitas kerja yang semakin meningkat. (Putri_IT)

Bagikan

Komentar(6)

Tulis komentar