Okra Untuk Pengobatan Diabetes

Okra Untuk Pengobatan Diabetes

Selain disantap sebagai sayuran, okra dapat digunakan sebagai pengobatan karena kandungan gizinya yang tinggi dan baik untuk tubuh. Dengan kandungan vitamin C, vitamin K, folat dan seratnya, Okra dapat membantu proses pencernaan, menstabilkan gula darah dan membantu mengontrol tingkat penyerapan gula. Karenanya, okra dapat dijadikan obat bagi para penderita diabetes.

Khasiat okra sebagai obat diabetes dibuktikan dengan adanya beberapa riset yang menunjukkan bahwa buah okra dapat membantu menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Dilansir dari www.khasiatmanfaat.com, Ms. Sylvia Zook PhD (seorang ahli gizi dari University of Illionis) mengatakan bahwa buah okra memiliki beberapa manfaat, salah satunya yaitu sangat baik bagi penderita kencing manis. Serat unggul yang ditemukan dalam buah okra membantu untuk menstabilkan gula darah dengan membatasi tingkat di mana gula diserap dari saluran usus.

Adapun sebuah studi yang diterbitkan dalam ISRN farmasi pada 2011, menunjukkan bahwa buah okra dapat membantu mengurangi penyerapan glukosa yang pada gilirannya akan mengurangi kadar gula darah. Para peneliti mencatat bahwa buah okra merupakan sumber yang kaya serat dan telah digunakan secara tradisional untuk mengontrol diabetes. Selain itu, buah okra memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga menjadikannya sebagai pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

Disamping mengonsumsi Okra, penderita diabetes juga harus memperhatikan porsi makanan dan pola/ jadwal makannya. Selain itu mengonsumsi sayuran serta memenuhi konsumsi air putih yang cukup dan rutin berolahraga juga dapat mengatasi penyakit ini. Ibarat kata lebih baik mencegah daripada mengobati, sudah sepatutnya kita menerapkan pola makan sehat sejak dini.

Bagikan

Komentar(0)

Tulis komentar