Pia Edamame, Peluang Bisnis Olahan Edamame

Pia Edamame, Peluang Bisnis Olahan Edamame

Bakpia, kue khas daerah Jogjakarta ini menjadi salah satu favorit masyarakat baik untuk konsumsi pribadi maupun buah tangan. Secara umum bakpia atau yang sering disebut pia berbahan baku kacang hijau dan gula merah yang dibungkus tepung dengan cara memasak dipanggang. Namun seiring dengan berkembangnya inovasi dalam mengelola pia, saat ini pia juga dihadirkan dengan bahan baku dasar yang beranekaragam. Salah satunya adalah dengan edamame.

Hal ini juga dilakukan oleh Achmad Sugianto (Kepala Departemen SPI PT Mitratani Dua Tujuh) yang membuat varian pia baru yakni pia edamame. Alasan Anto dalam menjalani bisnis pia edamame ini didasari oleh adanya permintaan pasar untuk produk khas Jember. “Kita berusaha menciptakan produk khas Jember. Mengingat edamame juga merupakan khas Jember jadi kita memilih membuat pia edamame. Selain itu edamame juga sehat untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Ide bisnis ini berawal dari adanya permintaan Direksi PT Mitratani Dua Tujuh untuk membuat olahan makanan berbahan baku dasar edamame. Kemudian Anto mencoba membuatnya dan pia edamame inilah yang paling digemari. Karenanya bisnis ini ia kembangkan sampai sekarang.

Bisnis yang sudah digeluti selama 3 tahun ini berkembang tidak hanya pia edamame saja. Anto menambahkan bahwa saat ini ia juga membuat produk kue basah seperti pie edamame, puding edamame dll. “Kita juga membuat kue kering berbahan dasar edamame seperti cookies edamame dan larut edamame. Ada beberapa produk terbaru juga yang akan meluncur yaitu kastengel edamame dan nastar edamame,” ujarnya.

Adapun dalam 1 bulan Anto dapat menghabiskan 100 kg edamame untuk bisnisnya. Dan mampu memproduksi 600 kotak pia edamame dalam 1 bulan. “Kalau ada event otomatis permintaan konsumen bertambah. Seperti saat hari raya dan event JFC kemarin. Respon konsumen sangat senang dengan hadirnya pia edamame dan aneka olahan kue basah edamame. Hal ini juga menunjukkan bahwa selain fresh dan frozen, edamame dapat diolah menjadi aneka kudapan yang lezat,” tambahnya. Untuk mendapatkannya, konsumen dapat membelinya di Outlet Edamame yang berlokasi di Jl. Brawijaya, Mangli, Kaliwates Jember.

Anto berharap bisnis usahanya ini mampu bersaing dan laris di pasar. “Sebagai karyawan dan wirausahawan saya berharap dengan adanya bisnis ini, penjualan lokal perusahaan juga meningkat. Terlebih saat ini Jember juga terkenal dengan Kota Edamame,” tuturnya. (Putri_IT)

Bagikan

Komentar(2)

  • ALFAN MUHAIMIN 31 Januari 2019

    Tertarik...Ada berapa varian edamame di mitra tani?

  • Candra 21 Mei 2019

    Pgn kerjasama bgmn persyaratannya

Tulis komentar