Segenap Karyawan PT Mitratani Dua Tujuh Sukses Mempertahankan Status Sertifikasi HACCP

Segenap Karyawan PT Mitratani Dua Tujuh Sukses Mempertahankan Status Sertifikasi HACCP

Sebagai perusahaan yang berkomitmen terhadap penerapan sistem keamanan pangan, PT Mitratani Dua Tujuh mengadakan re-audit Hazard Analysis Critical Control Points (HACCP) yang dilakukan oleh Worldwide Quality Assurance (WQA) selama dua hari (12/01/2017 dan 13/01/2017). Maksud dari diadakannya audit eksternal ini adalah sebagai implementasi dari salah satu kebijakan mutu yang ditetapkan perusahaan, yaitu memperbarui status sertifikasi HACCP PT Mitatani Dua Tujuh yang dilakukan setahun sekali. Selain itu tujuan khusus dari audit ini antara lain; mengkonfirmasi apakah sistem manajemen sesuai dengan semua persyaratan standar audit, apakah organisasi telah mengimplementasikan secara efektif peraturan yang direncanakan dalam sistem manajemen, serta apakah sistem manajemen mampu mencapai kebijakan tujuan organisasi.

Diawali dengan sambutan dari direksi PT Mitratani Dua Tujuh yang diwakili oleh Wasis Pramono dan kemudian dilanjutkan oleh Herawan Saputro, Lead Auditor dari WQA, pada Opening Meeting audit HACCP di hari pertama. Pada kesempatan itu dijelaskan bahwa cakupan dari audit HACCP ini adalah Processing and Preserving of Frozen Vegetable di lingkungan pengolahan PT Mitratani Dua Tujuh. Dan yang menjadi fokus peninjauan HACCP oleh auditor antara lain; komitmen dan konsisten, kompetensi, pelatihan dan infrastruktur, pengendalian proses, perbaikan dan tindakan pencegahan, serta pengendalian dokumen. Peninjauan ini dilakukan pada beberapa divisi di PT Mitratani Dua Tujuh yang berkaitan langsung dengan sistem HACCP, seperti Divisi Pengolahan, Quality Assurance, Teknik, Umum, SDM dan Pemasaran.

Selanjutnya seluruh rangkaian audit HACCP selesai di hari kedua dan diakhiri dengan sesi Closing Meeting. “Dari hasil audit selama dua hari ini, PT Mitratani Dua Tujuh dinyatakan layak mendapatkan sertifikat HACCP dari WQA Indonesia”, ujar Herawan Saputro. Turut hadir dalam sesi ini Guntaryo Tri Indarto, Direktur Utama PT Mitratani Dua Tujuh, yang menyampaikan harapannya ke depan pasca pelaksanaan audit HACCP. “Untuk seluruh personil, khususnya tim HACCP internal PT Mitratani Dua Tujuh, agar tidak hentinya meningkatkan kemampuan, kompetensi serta perbaikan sebagai bentuk komitmen dan upaya konsistensi dalam menjalankan sistem HACCP. Dan saya ucapkan terima kasih kepada auditor yang telah berperan serta untuk mengevaluasi sistem keamanan pangan khususnya HACCP yang selama ini dijalankan oleh PT Mitratani Dua Tujuh”, tutup Guntaryo di akhir Closing Meeting. (Gilang_IT)

Bagikan

Komentar(0)

Tulis komentar