Transfer Pengetahuan Melalui Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Transfer Pengetahuan Melalui Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu wujud pengembangan perusahaan yang dilakukan dalam bentuk kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi. Hubungan baik yang dijalin ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak yakni PT Mitratani Dua Tujuh selaku penyedia tempat pelaksanaan PKL dan Perguruan Tinggi terkait. Melalui kegiatan PKL, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu yang dimiliki dan belajar bekerja untuk mengenal dunia pekerjaan.

Disamping PKL, ada pula kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) untuk tingkat SMA/ sederajat dan kegiatan penelitian skripsi. Secara khusus PKL diperuntukkan bagi mahasiswa dengan latar belakang ilmu pertanian dan ekonomi bisnis mengingat bidang kegiatan usaha yang bergerak di PT Mitratani Dua Tujuh adalah agroindustri dan agrobisnis. “Biasanya mahasiswa PKL berasal dari fakultas pertanian yang meliputi budidaya pertanian, teknologi pertanian, hama penyakit tanaman, dsb”, ujar Agus Rijanto selaku Kepala Departemen Pengembangan SDM PT Mitratani Dua Tujuh. Mengingat jumlah mahasiswa yang berminat untuk melakukan PKL cukup banyak, maka Divisi SDM PT Mitratani Dua Tujuh melakukan seleksi dan mengatur jadwal secara bergilir agar pelaksanaan PKL berjalan dengan efektif.

Edy Zen, Kepala Divisi QA PT Mitratani Dua Tujuh menambahkan bahwa secara umum kegiatan PKL yang dilakukan mahasiswa terdiri dari proses produksi di lapangan hingga pengolahan hasil dan rantai bisnisnya. Selama PKL berlangsung, terdapat pembimbing lapang dari PT Mitratani Dua Tujuh yang akan memberikan arahan dan melakukan transfer pengetahuan yang dimiliki kepada mahasiswa. Seperti cara budidaya tanaman yang dimulai dari persiapan tanam, tanam, pemeliharaan tanam sampai dengan panen. Adapun untuk pelaksanaan kegiatan PKL di pabrik dimulai dari penerimaan bahan baku (raw material) sampai dengan kegiatan packing barang yang siap untuk dikirim. Diharapkan dengan adanya PKL ini inovasi mahasiswa selaku civitas akademika dan wawasan dalam menghadapi dunia kerja akan bertambah. Hal ini senada dengan Edy yang mengatakan bahwa melalui PKL ini diharapkan mahasiswa mendapat tambahan wawasan pengetahuan di bidang usaha agorindustri yang dapat diimplementasikan saat lulus dari sekolah atau perguruan tinggi. (Putri_IT)

Bagikan

Komentar(0)

Tulis komentar